Senin, 21 November 2016

MACAM-MACAM FLIP-FLOP

FLIP-FLOP
Flip-flop (latch)adalah rangkaian digital yang memiliki dua keadaan stabil dan dapat menyimpan informasi sebesar 1 bit data biner yang dinyatakan  dalam sistem biner yaitu 0 dan
Flip-flop adalah nama umum yang digunakan untuk rangkaian sekuensial yang terdiri dari beberapa gerbang logika yang menyimpan nilai dan dapat diakses melalui jalur keluarannya. Nilai yang terdapat dalam flip-flop akan tetap tersimpan walaupun sinyal masukannya tidak aktif.
Flip-flop memiliki 2 nilai keluaran yang satu sama lain nilainya berkebalikan. Keluaran ditandai dengan Q dan Q’. Rangkaian ini banyak digunakan untuk tempat menyimpan  data  digital  dan  menstransfernya.  Kombinasi  beberapa  flip-flop membentuk satu fungsi khusus dinamakan register.
FUNGSI FLIP-FLOP
1.      Penyimpanan data dan informasi 1 bit biner
2.      Mencacah pulsa
3.      Menahan atau mengingat pulsa trigger
4.      Menyerempakan operasi aritmatika
5.      Menghitung detak dan untuk mengsinkronisasikan input sinyal waktu variable untuk beberapa signal waktu yang direferensi.
MACAM-MACAM FLIP-FLOP
1.  Flip-Flop RS




           (Set Reset Flip-Flop)SR Flip-flop dibangun dari beberapa gerbang logika. SR Flip-flop memiliki dua buah masukan S untuk Set dan R untuk Reset. Terdapat dua macam gerbang  yang dapat membangun SR flip-flop, yaitu gerbang NAND dan NOR. Simbol logika  menunjukkan dua masukan yang diberi label dengan Set dan Reset. SR Flip-flop ini mempunyai dua keluaran komplementer. Keluaran ini diberi label Q dan Q’. Nilai Q dengan Q’ selalu berlawanan.
Dalam SR flip-flop dengan gerbang NOR sinyal SR yang masuk ke dalam flip-flop dapat memiliki 4 kemungkinan kondisi yaitu 0,0; 0,1; 1,0 dan 1,1. Pada saat SR  bernilai  0,0  maka  kondisi  flip-flop  tidak  berubah,  nilai  Q  akan  seperti  nilai sebelumnya. Jika SR bernilai 0,1 maka keluaran Q akan bernilai 0, kondisi ini akan menyebabkan flip-flop Reset. Jika SR bernilai 10 maka keluaran Q akan bernilai 1 atau  flip-flop Set.  Bagaimana  bila  SR  bernilai  1,1,  ini menarik,  karena kondisi ini menyebabkan keluaran Q tidak pasti, tergantung sinyal mana yang datang lebih cepat. Kondisi ini disebut kondisi berlomba (race condition). Karena nilai Q tidak pasti maka kondisi ini tidak digunakan. Kondisi QQ’ bernilai 0,0 terjadi pada saat perpindahan  dari  nilai  SR  0,1  ke-10.  Untuk  SR  flip-flop  dari  gerbang  NAND perbedaanya dengan gerbang NOR adalah keluaran QQ’ mengalami kondisi raceketika posisi SR NAND 0,0, kemudian kondisi QQ’ akan tetap saat inputSR NAND 1,1.

2. D Flip-Flop (Flip-Flop Data)
Kelebihan  flip-flop  adalah  dapat  menyimpan  nilai  satu bit pada  jalur keluarannya. Kelebihan ini memungkinkan flip-flop digunakan sebagai rangkaian untuk  menyimpan  data,  sebagai  sel  memori.  D  flip-flop  dirancang  untuk menyimpan  satu bit 0 atau 1. Dengan sedikit modifikasi SR flip-flop,  D  flip-flop dapat melakukan fungsi tersebut. Sel penyimpanan data hanya perlu dua kondisi yaitu bernilai 0 atau 1. Karakter tersebut diperoleh dengan mengatur nilai S dan R agar  tidak  bernilai  sama.  Nilai SR=01  menyebabkan  flip-flop  bernilai  1  dan  nilai SR=10 menyebabkan flip-flop bernilai 0. Diperlukan konverter antara masukan S dan R agar nilai keduanya berkebalikan. Pada  saat  D  bernilai  1  menyebabkan  keluaran  Q  akan  bernilai  1  pada kondisi  berikutnya  (next  state).  Sebaliknya,  Q  bernilai  0  pada  saat  D  bernilai  0. Karakter  ini  sesuai  dengan  karakter  tempat  penyimpanan  1 bit. D flip-flop akan bekerja jika nilai CK=1. Pada saat CK tidak aktif maka apa pun nilai D, nilai flip-flop tidak berubah (NC, No Change). Pada saat CK aktif maka sinyal D berfungsi. Kondisi Q tergantung dari masukan D.

3. JK Flip-flop
            Kelemahan SR flip-flop adalah terdapat kondisi pacu (race condition) yang tidak terprediksi yaitu pada saat nilai SR = 1,1. Pada JK flip-flop dibuat jalur balik dari  masing-masing  keluaran Q  dan  Q’  menuju  gerbang  masukan  NAND, hal ini tidak masalah karena gerbang NAND dapat memiliki lebih dari dua masukan. Nama  JK  flip-flop  diambil  untuk  membedakan  dengan  masukan  pada  SR flip-flop  karena  ada  perubahan  ada  perubahan  jalur  balik  di  atas.  Secara  umum cara  kerja  JK  flip-flop  sama  dengan  SR  flip-flop.  Perbedaannya  pada  saat  JK bernilai 1,1 yang menyebabkan kondisi keluaran berubah (1 ke 0 dan 0 ke 1) atau toggle.
            JK flip-flop memiliki 2 masukan yang biasanya ditandai dengan huruf J dan K. Jika J dan K berbeda maka keluaran Q akan sama dengan nilai J pada clockberikutnya  (next  clock).  Jika  J  dan  K  keduanya  0  maka  tidak  terjadi  perubahan apa-apa pada flip-flop. Jika J dan K keduanya 1 maka kondisi Q akan berubah dari kondisi  sebelumnya,  Jika  sebelumnya  Q  bernilai  0  maka  akan  bernilai  1  dan sebaliknya.
            Karakter JK flip-flop yang lebih pasti untuk semua kondisi maka flip-flop ini  yang  banyak  digunakan  untuk  membangun  berbagai  komponen  register seperti:  register  geser  (shift  register),  pencacah  biner  (binary  counter), pendeteksian sekuensial (sequence detector)dan lain-lain.






2 komentar:

Much Rizki Pradana mengatakan...

SIIIIP

Blogger mengatakan...

Let me tell you something...

What I'm going to tell you may sound a little weird, and maybe even a little "strange"

WHAT if you could simply click "Play" to LISTEN to a short, "musical tone"...

And miraculously attract MORE MONEY to your life???

What I'm talking about is hundreds... even thousands of dollars!

Do you think it's too EASY??? Think something like this is not for real??

Well, I've got news for you...

Many times the greatest blessings life has to offer are the EASIEST!

In fact, I'm going to PROVE it to you by allowing you to PLAY a REAL "miracle money tone" I've synthesized...

YOU simply click "Play" and watch how money starts piling up around you... it starts right away...

GO here now to enjoy the magical "Miracle Abundance Tone" - it's my gift to you!

Posting Komentar